DISTRIBUTOR TELUR BALI
Kami Siap mensupply Telur Ayam Bali dengan Jumlah yang banyak dan harga yang sangat bersaing
Pesan Sekarang

9 Cara Memilih Telur Ayam Negeri Yang Baik

Cara memilih telur ayam negeri yang baik tidaklah semudah yang dibayangkan. Sudah diketahui bahwa telur adalah salah satu bahan makanan yang dikonsumsi oleh hampir seluruh masyarakat di seluruh dunia. Telur merupakan sumber protein hewani yang sangat gampang ditemukan termasuk di Indonesia. Ketersediaan telur di semua wilayah Indonesia dapat dikatakan melimpah. Harga telur yang relative lebih murah dibanding daging ataupun ikan membuatnya semakin digemari.


9 Cara Memilih Telur Ayam Negeri Yang Baik
Telur ayam negeri adalah pilihan lauk yang sangat tepat dan dapat dikonsumsi oleh balita hingga orang tua. Kemudahan dalam mengolah telur karena dapat dijadikan berbagai jenis sajian membuat telur semakin menjadi pilihan. Banyak telur yang dipasarkan dari mulai warung, pasar, toko kelontong hingga swalayan. Dari sekian banyak pilihan, justru haruslah lebih berhati-hati dalam memilihnya. Hal ini dikarenakan banyaknya pedagang yang curang dan menawarkan telur yang ternyata sudah tidak lagi fresh. Berikut ini adalah 9 cara memilih telur ayam negeri yang baik untuk dikonsumsi.
1.      Memilih telur dengan ukuran normal
Saat melihat telur dalam skala besar yang tersedia di toko atau agen telur, pasti sudah memiliki pikiran bahwa telur-telur terseut sama saja. Tapi ternyata pemilihan telur harus dilakukan secara seksama dan tidak boleh asal-asalan. Saat tersedia banyak sekali telur di hadapan, justru peluang untuk memperoleh telur yang berkualitas semakin besar. Cara pertama yang dapat dilakukan dalam pemilihan telur yang baik adalah memilih telur dengan ukuran normal. Yang dimaksud normal disini adalah sedang. Tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. telur ayam berukuran kecil umumnya berasal dari ayam ras yang masih berusia muda sehingga kuning telur yang diperoleh juga kecil. Sedangkan telur dengan ukuran besar, tidak menjamin kuning telur juga berukuran besar.
2.      Memperhatikan bentuk telur
Selain ukurannya yang standar,ciri-ciri telur yang baik untuk dikonsumsidapat dilihat dari bentuknya. Bentuk telur ayam negeri ternyata sangat berpengaruh terhadap ukuran kuning telur di dalamnya pula. Untuk itu, untuk emmperoleh telur yang berkualitas baik, cara kedua yang dapat dilakukan adalah dengan memperhatikan bentuk telur. pilihlah telur yang memiliki bentuk cenderung bulat. Tidak lonjong. Telur yang berbentuk bulat memiliki kuning telur yang lebih padat dan lebih besar. sedangkan telur yang berbentuk lonjong dipercaya kuning telurnya lebih kecil. Apalagi bagi yang membutuhkan kuning telur saja seperti saat membuat kue. Telur berbentuk bulat adalah pilihan yang tepat.
3.      Memastikan telur tidak berbau busuk
Saat hendak membeli telur, jangan lupa untuk mencium baunya secara seksama. Mencium bau telur adalah salah satu cara membedakan telur busuk dan bagus yang sangat akurat. Telur yang masih berkualitas baik dan masih fresh tentu tidak akan mengeluarkan bau busuk meski sedikit. Berbeda dengan telur yang sudah rusak atau busuk. Bau busuk yang menyengat pasti keluar meski di luar cangkang.
4.      Mengguncang telur secara perlahan
Memilih telur yang masih segar dan baru akan dapat meminimalisir kemungkinan kontaminasi bakteri yang terjadi pada telur. Cara selanjutnya yang paling ampuh dalam memperoleh telur berkualitas adalah dengan mengguncangnya secara perlahan. Telur yang masih segar dan berkualitas baik tak akan mengeluarkan suara atau gerakan saat diguncang. Hal ini dikarenakan pada telur fresh, tekstur putih telur masih pekat dan mampu mengikat kuning telur ayam dengan rapat sempurna.
5.      Meneropong telur dengan bantuan cahaya
Cara memilih telur ayam negeri yang baik selanjutnya sangat  mudah dilakukan yakni meneropong telur. Pastikan terdapat cahaya pada saat meneropong telur sehingga akan terlihat dengan jelas kondisi dalam telur. Telur yang baik akan menunjukkan posisi kuning telur berada tepat di tengah dan tidak ada bercak noda sedikitpun.
6.      Merendam telur di dalam air
Apabila masih ragu dengan kualitas telur yang dibeli, Anda dapat mengetahui apakah telur tersebut masih dalam kualitas baik atau sudah tidak layak konsumsi dengan cara merendam telur ke dalam air. Caranya sangat muda. Siapkan gelas berisi air lalu masukkan telur ke dalamnya. Telur yang masih berkualitas baik, posisinya akan berada di dasar gelas atau tenggelam dalam posisi tidur. Apabila telur melayang, telur tersebut kira-kira sudah 1 minggu tapi masih layak konsumsi. Namun apabila sudah mengapung, telur tersebut sudah dalam kondisi rusak dan tidak layak konsumsi.
7.      Memecahkan telur di dalam sebuah wadah
Salah satu ciri-ciri telur segar dapat diketahui dengan cara memecahkannya ke dalam mangkuk atau wadah lain. Telur yang masih fresh atau berkualitas akan menunjukkan putih telur dengan tekstur yang sangat pekat dan bening. Kuning telur yang maish fresh juga utuh dan warnanya pekat. 
8.      Menyentuh cangkang telur untuk memastikan tekstur
Cara memilih telur ayam negeri yang baik berikutnya dalah dengan mengamati tekstur cangkang telur. telur yang berada dalam kondisi fresh dan berkualitas memiliki tektur yang tidak licin. Terdapat butiran-butiran putih.
9.      Memperhatikan warna cangkang telur
Yang terakhir, pastikan warna cangkang telur memiliki warna yang pekat dan terlihat cerah. Telur dengan cangkang berwarna pucat kebanyakan sudah tidak fresh lagi.
Telur yang baik untuk dikonsumsi ternyata memiliki beberapa karakteristik yang harus diketahui sebelum membelinya. Salah-salah dalam memilih telur dan ternyata merupakan telur yang sudah rusak, maka akan menciptakan masalah bagi kesehatan. Telur yang sudah rusak mengandung berbagai bakteri dan mikroba yang memberi pengaruh buruk bagi tubuh. Gunakan cara memilih telur ayam negeri yang baik di atas dengan seksama untuk memperoleh telur yang benar-benar masih fresh.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Tentang Kami


Kami adalah Distributor Telur Bali

dengan skala besar,



Siap memberikan harga terjangkau

dengan kualitas yang terbaik.


Segera hubungi kami untuk pemesanan.

: [email protected]

Formulir Kontak

© Distributor.com All Rights Reserved (Grosir, Supplier Telur Ayam)