DISTRIBUTOR TELUR BALI
Kami Siap mensupply Telur Ayam Bali dengan Jumlah yang banyak dan harga yang sangat bersaing
Pesan Sekarang

Analisa Bisnis Telur Ayam Negeri Yang Sangat Penting Untuk Diketahui

Analisa bisnis telur ayam negeri sangat perlu diketahui sebelum benar-benar membuka usaha bisnis ternak telur ayam negeri. Analisa dan perhitungan yang mencakup seluruh kebutuhan pra ternak tersebut sangat penting untuk dijadikan patokan dalam membuka ternak ayam petelur. Peluang bisnis telur ayam negeri memang tidak ada matinya. Justru tingkat permintaan telur oleh masyarakat selalu meningkat setiap harinya. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai konsumsi lauk pendamping nasi dan sayur, telur juga dibutuhkan oleh insdutri makanan berskala besar maupun kecil. Dari data yang ada, jumlah rata-rata konsumsi telur per kapita di Indonesia ini mencapai 38 butir setiap minggunya. Tak heran jika jumlah produksi telur nasional selalu mengalami kenaikan.

Analisa Bisnis Telur Ayam Negeri
Telru merupakan salah satu jenis lauk yang tak hanya mengandung protein tinggi namun juga berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa nutrisi yang terdapat di dalam telur antara lain zat besi, omega 3, berbagai vitamin, fosfor, kolin, zat besi dan masih banyak lagi. Tak heran jika perkembangan bisnis telur dari mulai usaha jual telur keliling hingga membuka peternakan telur mengalami perkembangan sangat pesat. Beberapa hal yang masuk ke dalam tahapan Analisa dalam berbisnis ayam petelur antara lain:
1.      Memahami dan menguasai seluk beluk ayam petelur
Ketika hendak memulai bisnis ternak ayam petelur, sebaiknya ketahui terelbih dahulu secara detail tentang seluk beluk ayam petelur, kebutuhan modal serta strategi pemeliharaan masa dan pasca produksi telur. pelajari terlebih dahulu ilmu ternak ayam petelur. Setidaknya jika menjalankan bisnis ayam petelur dengan pengetahuan yang cukup akan membuat perjalanan bisnis menjadi lancar.
Terlebih dalam membuat Analisa bisnis telur ayam negeri pun akan lebih mudah ketika sudah berbekal ilmu dan pengalaman dari beberapa pihak yang sudah lebih dahulu berbisnis ternak ayam petelur. Yang tidak kalah penting untuk dipelajari sebelum memulai bisnis ini adalah strategi pemasaran. Percuma saja jika produksi telur melimpah namun tidak memperoleh pasar. Oleh karenanya, harus benar-benar mencanangkan strategi pemasaran yang tepat.
2.      Harga bibit ayam petelur
Proses Analisa bisnis telur setelah memahami dan menguasai seluk beluk telur yang selanjutnya adalah memilih bibit ayam petelur. Terdapat beberapa jenis ayam petelur yang dapat dipilih. Jenis bibit ayam yang dapat dibeli adalah ayam pullet atau dengan melakukan border doc secara mandiri.
Bagi Anda para pemula, sebaiknya memilih ayam petelur yang telah pullet dibanding border doc sendiri karena terlalu beresiko. Pilih bibit ayam dengan usia pullet antara 12 hingga 14 minggu. Sebagai kisaran, harga pullet dengan usia tersebut ialah Rp.48.000,- dengan usia siap bertelur. Setelah ayam pullet dapat beradaptasi dan menghasilkan telur, Anda bahkan dapat mengembangkan usaha dengan membuka bisnis telur online selain bisnis telur biasa. Bisnis online akan membuat pemasaran telur menjadi lebih luas.   
3.      Kandang ayam petelur
Selain bibit ayam dan harganya, proses Analisa juga menyangkut kandang ayam yang petelur. Kandang merupakan komponen yang sangat penting dalam membuka usaha ternak ayam petelur. Terdapat beberapa jenis kandang yang yang dapat dibuat dalam beternak telur. namun salah satu kandang yang paling efektif adalah kandang baterai. Modal operasional dalam membuat kandang baterai memang lebih tinggi dibanding jenis kandang lainnya. Namun jika dilijat dari kefektifannya, kandang baterai tak perlu diragukan lagi. Kandang ayam petelur dengan model baterai memiliki banyak keunggulan. Beberapa keunggulan tersebut antara lain:
-          Mempermudah pengambilan telur
-          Telur akan selalu dalam kondisi bersih
-          Ayam tidak akan kehabisan energi karena ruang gerak yang tersedia tak terlalu besar
-          Sirkulasi udara sangat lancar
-          Memberi kemudahan dalam proses pembersihan kotoran ayam
-          Resiko telur mengalami kerusakan seperti pecah atau retak sangat kecil
-          Menekan kanibalisme antar ayam petelur
Dalam pembangunan kandang ayam baterai, diperlukan bahan kontruksi yang sangat mudah diperoleh yaitu kawat atau bamboo. Tak usah cemas karena sekarang telah banyak pihak supplier yang menyediakan beragam peralatan yang dibutuhkan dalam membangun kandang ayam. Di pasaran, harga 1 set kandang baterai memiliki kisaran harga sekitar Rp.130.000,- Dalam 1 set kandang baterai tersebut, kapasitas ayam yang mampu tertampung di dalamnya adalah 8 ekor. Untuk analisa usaha ayam petelur, dalam sector kandang tinggal mengalikan saja harga dengan umlah ekor ayam yang diternak.
4.      Pakan ayam petelur
Dalam beternak ayam petelur, selain kandang, pakan juga harus sangat diperhatikan. Pakan ayam petelur tediri dari beberapa jenis pakan yang dikombinasi. Komposisi pakan ayam petelur yang akan menunjang tumbuh kembang ayam dan produktifitas telurnya adalah jagung, bekatul dan konsentrat. Persentase masing-masing komposisi pakan ayam petelur tersebut antara lain 50% jagung, 35% konsentrat dan 15% bekatul. Sebagai missal, hendak mebuat 10kg pakan maka dibutuhkan 5kg jagung, 3,5kg konsentrat dan 1,5kg bekatul dengan biaya pembelian sekitar Rp.45.000,- setiap 10kg jika diakumulasikan.
5.      Omset atau pendapatan
Dalam tahapan terakhir proses Analisa bisnis telur ayam negeri yang perlu diperhatikan adalah omset atau pendapatan. Apabila beternak 100 ekor ayam petelur, maka jumlah pakan yang dibutuhkan adalah 11kg. jika dihitung dengan perhitungan harga pakan seperti di atas, untuk 11kg maka harganya Rp.49.500,- setiap harinya. Sedangkan hasil produksi telur setiap harinya dari 100 ekor ayam sekitar 4,7kg. jika dihitung dengan harga standar saat ini yakni Rp.17.000,- x 4,7kg hasilnya Rp.79.900,-. Apabila diakumulasi dengan kodal keuntungan tiap harinya adalah Rp.30.400,- Jadi, setiap bulan keutungan yang dapat diraup sekitar Rp.912.000,-
Informasi lengkap tentang analisa bisnis telur ayam negeri di atas sangatlah penting untuk dijadikan landasan dalam membuka bisnis ternak telur ayam negeri. Tiada bisnis yang dapat berjalan sukses tanpa Analisa yang tepat. Untuk itu, lakukan beberapa Analisa di atas dengan seksama untuk menghasilkan bisnis telur yang mengalami perkembangan yang pesat.


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Tentang Kami


Kami adalah Distributor Telur Bali

dengan skala besar,



Siap memberikan harga terjangkau

dengan kualitas yang terbaik.


Segera hubungi kami untuk pemesanan.

: [email protected]

Formulir Kontak

© Distributor.com All Rights Reserved (Grosir, Supplier Telur Ayam)