DISTRIBUTOR TELUR BALI
Kami Siap mensupply Telur Ayam Bali dengan Jumlah yang banyak dan harga yang sangat bersaing
Pesan Sekarang

Strategi dan sistem pemasaran telur ayam

Sistem pemasaran telur ayam memang sedikit berbeda dengan jenis bisnis lainnya. Apalagi bagi para pemula, strategi pemasaran telur haruslah benar-benar diperhatikan. Mengingat bisnis telur ayam semakin dilirik karena memberikan keuntungan yang cukup menarik. Maraknya bisnis telur ayam negeri membuat pesaing tentu juga semakin banyak.
Untuk dapat bertahan dalam persaingan bisnis telur ayam, tentu pengelolaan dan pemasaran harus benar-benar diperhatikan dan direncanakan secara matang. Saat ini telur ayam negeri tak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat saja.
Telur ayam ras juga diperlukan oleh industri makanan skala besar maupun kecil seperti industri kue, roti dan makanan ringan lainnya. Hal inilah yang membuat tingkat permintaan telur ayam negeri semakin meningkat setiap waktunya.


Strategi dan sistem pemasaran telur ayam
Bagi para peternak ayam petelur, mengedepankan kualitas produk yakni telur dan pelayanan sangatlah diperlukan. Telur ayam yang disampaikan kepada konsumen dengan kualitas tinggi tentu akan membuat mereka puas dan menjadi pelanggan tetap. Selain menguasai sistem pemeliharaan dan peternakan ayam yang tepat, sistem pemasaran telur ayam juga sangat wajib dikuasai.
Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran yang dapat dilakukan:
  • Bekerjasama dengan tengkulak
Cara yang paling ampuh untuk membuat bisnis peternakan ayam petelur adalah menciptakan relasi dengan konsumen tetap. Kerjasama ini sangat perlu dilakukan supaya bisnis berjalan dengan baik. Produksi telur yang melimpah dan berkualitas tinggi akan menjadi sia-sia apabila tak ada pembeli atau konsumen tetap. Untuk itu, ciptakan hubungan dengan konsumen.
Konsumen atau pelanggan tetap yang dimaksud disini adalah tengkulak. Kerjasama dengan tengkulak yang memiliki banyak pasaran adalah salah satu cara memasarkan telur ayam yang sangat efektif. Jangan ragu untuk memberikan harga yang lebih ramah kantong untuk menarik lebih banyak pelanggan. Harga yang lebih terjangkau meskipun selisih harga tak banyak akan sangat diperhitungkan oleh konsumen.
Untuk awal bisnis, memperoleh keuntungan dengan jumlah sedikit bukanlah masalah asal perputaran bisnis telur lancar. Para tengkulak secara tak langsung juga akan menjadi media promosi. Mereka akan memberikan informasi mengenai produk telur berkualitas dengan harga lebih terjangkau dan pelayanan memuaskan pada tengkulak lain. Mereka pun tak akan segan untuk berpindah menjadi konsumen Anda.
  • Membuka gerai grosir telur
Selain menjualnya kepada tengkulak, telur hasil produksi ternak Anda juga dapat dijual secara langsung. Ada beberapa cara menjual telur ayam yang dapat dilakukan salah satunya dengan membuka gerai grosir. Walaupun memakan tempat dan modal yang tak sedikit untuk memiliki gerai atau toko grosir telur, namun pengembangan bisnis ini dinilai sangat efektif.
Penjualan telur secara grosir dapat memenuhi kebutuhan para distributor atau bahkan penjual telur eceran. Berikan pelayanan maksimal dengan memberikan telur berkualitas dengan harga yang bersahabat. Dengan begitu, pelanggan akan menjadi jauh lebih banyak dan berkembang.
Jika perlu, pisahkan telur sesuai ukuran dan pisahkan telur yang sudah rusak. Telur-telur yang mengalami kerusakan misalnya cangkang retak atau pecah. Jangan jadikan satu telur yang masih utuh dengan yang sudah rusak untuk mempermudah konsumen dalam memilihnya.
  • Mengemas secara menarik dan menawarkan pada swalayan
Tak hanya dapat dijual pada tengkulak atau dijual sendiri di gerai grosir telur, ternyata telur juga dapat ditawarkan untuk dijual di swalayan. Saat ini banyak sekali swalayan atau minimarket yang berdiri. Berbagai jenis barang dijual di dalamnya termasuk telur yang masuk ke dalam kategori sembako.
Penawaran telur pada swalayan juga merupakan salah satu sistem pemasaran telur ayam yang sangat efektif. Tapi terdapat beberapa syarat yang harus dilakukan ketika memasukkan telur ke dalam jajaran produk swalayan. Kriteria atau syarat ini menjaid tantangan tersendiri dan akan memberikan dampak positif bagi pemasaran telur.
Telur yang hendak dijual ke swalayan tentu harus telur yang sudah lolos seleksi kualitas. Kualitas tak hanya telur yang masih fresh saja namun tampilannya juga harus sangat diperhatikan. Kemaslah telur yang memiliki cangkang bersih dan ukuran sedang ke dalam kemasan yang menarik. Biasanya telur dibungkus dengan mika khusus telur yang memiiki lubang untuk meletakkan telur sehingga tidak mudah terkoyak dan jatuh. Anda juga dapat menyematkan pita atau hiasan lain sebagai pemanis tampilan kemasan telur.
  • Bekerjasama dengan dinas Peternakan
Strategi pemasaran telur ayam yang selanjutnya adalah melakukan kerjasama dengan dinas Peternakan atau pertanian. Dinas terkait tentu memiliki program dan rencana terhadap para peternak ayam. Program tersebut tentu memiliki tujuan supaya para petani dan peternak khususnya peternak ayam dapat menguasai sistem pemeliharaan dan pemasaran. Bahkan jika benar-benar mengikuti kegiatan dan program yang disediakan oleh dinas peternakan atau pertanian, Anda dapat melakukan pemasaran hingga skala internasional. Anda dapat mengibarkan sayap hingga ke ekspor telur ayam ke manca negara.
  • Melakukan promosi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi
Terakhir, sistem pemasaran telur ayam tak dapat terlepas dari promosi. Promosi saat ini dapat dilakukan dengan berbagai Teknik. Dari mulai promosi secara konvensional hingga memanfaatkan teknologi. Promosi konvensional yang dapat dilakukan antara lain dengan pamphlet, brosur dan masih banyak lagi. Sedangkan promosi dengan pemanfaatan teknologi dapat dilakukan dengan memanfaatkan media online. Melalui media sosial, promosi telur ayam dapat dilakukan lebih luas dan lebih maksimal.
Melalui penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa sistem pemasaran telur ayam memiliki strategi dan langkah tersendiri. Walaupun pada umumnya strategi yang diterapkan pada bisnis sama, namun khusus untuk bisnis telur yang tergolong produk riskan membutuhkan Analisa dan rencana yang benar-benar matang. Semoga informasi di atas bermanfaat!


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Tentang Kami


Kami adalah Distributor Telur Bali

dengan skala besar,



Siap memberikan harga terjangkau

dengan kualitas yang terbaik.


Segera hubungi kami untuk pemesanan.

: [email protected]

Formulir Kontak

© Distributor.com All Rights Reserved (Grosir, Supplier Telur Ayam)