DISTRIBUTOR TELUR BALI
Kami Siap mensupply Telur Ayam Bali dengan Jumlah yang banyak dan harga yang sangat bersaing
Pesan Sekarang

Cara Menentukan Kualitas Telur dari Supplier Telur di Bali

Supplier telur di Bali banyak yang sudah memberikan pelayanan professional. Tak dapat dipungkiri bahwa telur merupakan salah satu bahan sembako atau bahan makanan yang hampir selalu dibutuhkan oleh masyarakat dari semu kalangan. Baik kalangan menengah e atas maupun mengenah ke bawah selalu menempatkan telur sebagai sumber protein atau lauk favorit. Selain simple dan mudah diolah menjadi berbagai jenis masakan, telur juga dibandrol dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibanding berbagai jenis daging.


Telur juga sangat mudah ditemukan baik di warung kecil, toko kelontong, swalayan, pasar hingga mini market. Kestabilan bahkan peningkatan minat dan tingkat permintaan telur setiap harinya membuat bisnis ternak ayam petelur hingga menjadi distributor atau agen telur memiliki prospek yang cerah. Saat ini konsumen telur tak hanya berasal dari rumah tangga saja namun juga banyak dari industry produsen makanan. Telur menjadi salah satu bahan baku pembuatan berbagai makanan ringan. Tak heran jika bisnis telur saat ini semakin dilirik.

Cara Menentukan Kualitas Telur dari Supplier Telur di Bali
Sebagai konsumen yang cerdas, dalam membeli telur tetap harus jeli dengan kualitasnya. Walaupun dari penampilan telur terlihat bagus dan berkualitas prima, namun belum tentu kondisi tersebut yang sebenarnya terdapat pada telur. Cangkang bersih bukanlah satu-satunya indicator telur berkualitas. Selain agen telur ayam negeri kota Denpasar, Bali, yang sangat perlu diperhatikan adalah kualitas dan keutuhan nutrisi di dalam telur apakah masih utuh atau sudah berkurang bahkan rusak.
Terdapat dua Teknik yang dapat dilakukan untuk mengetahui kondisi dan kualitas telur. kedua Teknik tersebut antara lain viskositas dan haugh unit. Kedua metode ini juga kerap digunakan oleh masyarakat yang hendak menetaskan telur. perlu diingat, bahwa telur juga memiliki masa kelayakan konsumsi. Meskipun disimpan di dalam lemari es, namun jika terlalu lama telur tetap akan mengalami kerusakan atau kebusukan. Bahkan telur yang cangkangnya masih utuh pun dapat beresiko mengalami kerusakan. Telur yang sudah rusak memiliki beberapa ciri-ciri seperti cangkang retak, berbau tidak sedap, kuning telur sudah tak utuh dan warnanya cenderung gelap, putih telur keruh, terdapat bintik pada kuning atau putih telur. selain memastikan supplier telur di Bali yang berkualitas, telur yang masih fresh juga harus diketahui sebelum mengkonsumsinya.
Telur mengandung banyak sekali nutrisi yang berdampak positif bagi kesehatan tubuh, beberapa nutrisi yang terkandung di dalam telur antara lain beragam vitamin, mineral, asam folat, fosfor, zat besi, kalsium, potassium dan omega 3. Telur juga mengandung lemak dan kolesterol baik yang mampu mencegah berbagai penyakit jantung. Telur yang sudah mengalami kebusukan bukan lagi mengandung nutrisi namun mengandung bakteri yang membahayakan. Salah satu bakteri yang dapat muncul adalah salmonella. Beberapa penyakit yang dapat dipicu oleh bakteri ini antara lain diare, alergi kulit, tifus dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui kualitas telur dari distributor telur di Bali dapat dilakukan dengan dua Teknik berikut ini.
-          Viskositas
Viskositas telur adalah tekstur dan kekentalan telur yang dapat dilihat untuk mengetahui apakah telur masih dalam kondisi fresh atau tidak. Viskositas telur dapat dipengaruhi oleh beberapa hal salah satunya adalah suhu ruang dimana telur tersebut disimpan. Peningkatan suhu ruang dalam penyimpanan telur dapat menyebabkan semakin menurunkan tingkat viskositas telur. atau dapat diartikan, semakin tinggi suhu ruang penyimpanan, kualitas telur akan semakin buruk. Beberapa faktor yang mempengaruhi viskositas antara lain faktor fisik dan kimia.
Yang tergolong dalam faktor fisik antara lain autoclaving, pemanasan dan ultrasonication. Sedangkan yang tergolong dalam faktor kimia salah satunya adalah ozone. Pada saat viskositas telur mengalami penruunan, yang terjadi adalah semakin kecilnya kadar antibacterial gram positif yang mampu mengahalu kedatangan berbagai bakteri jahat. Jadi, sangat dianjurkan setelah membeli telur dari supplier telur di Bali, simpanlah telur pada ruang penyimpanan dengan suhu yang tidak terlalu panas, akan lebih baik jika disimpan di dalam kulkas.
-          Haugh Unit
Metode atau sistem untuk mengetahui kualitas telur yang kedua adalah haugh unit. Haugh Unit atau HU merupakan penunjuk utama dalam pengukuran apakah telur dalam kualitas baik atau tidak. Haugh Unit sebuah telur juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Beberapa faktor yang mempengaruhi Haugh Unit antara lain lama waktu penyimpanan, kelembaban ruang dan suhu ruang penyimpanan.
Untuk memastikan apakah agen telur di Bali langganan Anda memberikan telur yang benar-benar berkualitas atau tidak, metode pengecekan ini dapat dilakukan. haugh Unit yang terkandung di dalam telur dapat diketahui dengan menghitung beberapa aspek. Perhitungan tersebut dapat dilihat dari ketinggian serta ketebalan putih telur yang terdapat di sekitar kuning telur yang masih membulat utuh. Untuk menentukan skor haugh, ketinggian dan ketebalan tersebut harus dikombinasikan dengan berat atau massa telur. semakin tinggi nilai haugh, maka semakin baik pula kualitas telur.
Untuk menghitung nilai haugh pada telur, terdapat rumus perhitungan yang data dilakukan dengan mudah. Selain dilihat dari segi putih telur, untuk mengetahui haugh unit telur juga dapat dilakukan melalui indek kuning telur. Nilai indek kuning telur merupakan ketinggian kuning telur yang diletakkan pada tempat dengan permukaan datar lalu dikombinasikan dengan diameter. Untuk mengetahui nilai haugh unit telur, telah tersedia mesin penghitung khusus yang mudah dioperasikan.
Demikianlah beberapa informasi mengenai cara menentukan apakah telur yang hendak dikonsumsi masih dalam kondisi bagus atau tidak. Mengetahui kualitas telur sangat penting supaya nutrisi yang tersampaikan ke tubuh maksimal dan terhindari dari pengaruh negative telur yang sudah terkontaminasi bakteri. Pastikan pula membeli telur dari supplier telur di Bali yang professional dan terpercaya.


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Tentang Kami


Kami adalah Distributor Telur Bali

dengan skala besar,



Siap memberikan harga terjangkau

dengan kualitas yang terbaik.


Segera hubungi kami untuk pemesanan.

: [email protected]

Formulir Kontak

© Distributor.com All Rights Reserved (Grosir, Supplier Telur Ayam)