DISTRIBUTOR TELUR BALI
Kami Siap mensupply Telur Ayam Bali dengan Jumlah yang banyak dan harga yang sangat bersaing
Pesan Sekarang

Kandungan dan Nilai Gizi Telur Ayam Negeri

Nilai gizi telur ayam negeri memang sangat besar dan tak kalah dengan jenis lauk lainnya. bahkan apabila dibandingkan dengan daging atau ikan, telur ammpu bertahan jauh lebih lama apabila disimpan dalam suhu ruang. Telur juga tidak menyimpan kadar lemak jenuh yang memberi pengaruh buruk bagi kesehatan. Sebutir telur memiliki dua bagian yakni putih telur dan kuning telur. keduanya memiliki tektur, warna dan bentuk yang berbeda. Tak hanya itu, ternyata nutrisi yang terkandung di dalamya pun juga berbeda. Secara keseluruhan, nutrisi pada telur baik itu dalam kuning atau putih telur saling melengkapi dalam pemenuhan nutrisi bagi kesehatan tubuh.


Kandungan dan Nilai Gizi Telur Ayam Negeri
Telur berkualitas memiliki karakteristik tersendiri. Saat kualitasnya masih prima, maka nutrisi yang terkandung di dalamnya juga masih utuh dan optimal dapat terserap oleh tubuh. Salah satu ciri telur yang masih segar dan berkualitas tinggi adalah permukaan cangkang yang bertekstur atau tidak licin. Bagi yang masih penasaran tentang kandungan protein telur ayam negeri dan nutrisi lain apa saja yang terdapat pada telur, berikut ini adalah jabaran lengkapnya.
-          Mengandung beragam vitamin
Vitamin ternyata tak hanya terkandung di dalam buah-buahan atau sayuran saja. Telur juga mengandung vitamin dengan berbagai senyawa. Dalam satu butir telur, terkandung beberapa senyawa yang sangat penting bagi kesehatan. Beberapa vitamin tersebut antara lain vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin B2 sangat maksimal dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Vitamin ini juga sangat baik dalam membentuk energi dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.
Vitamin selanjutnya adalah vitamin B12 yang berfungsi untuk memperlancar produksi sel darah merah sehingga tubuh terjaduh dari anemia. Vitamin D juga tekandung di dalam telur yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi dan kesehatan gigi serta tulang. Terakhir, terdapat vitamin E yang mampu menangkal radikal bebas serta mampu menghalau kerusakan jaringan. Kolaborasi antara beberapa vitamin tersebut mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.
-          Memiliki kandungan mineral esensial
Nilai gizi telur ayam negeri juga tak terlepas dari mineral esensial yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Kandungan mineral esensial secara maksimal dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan. Beberapa jenis mineral esensial yang terdapat di dalam sebutir telur antara lain fosfor, zat besi dan zinc. Zat besi sangat baik untuk proses pembentukan sel darah merah. Alasan inilah yang membuat telur ayam ras sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki tekanan darah rendah.
Sedangkan fosfor sangat efektif untuk menjaga kesehatan tuang serta gigi. Yang terakhir adalah zinc. Zinc pada telur memberikan manfaat yang cukup penting karena mengambil peranan dalam pembentukan energi. Ternyata masih terdapat jenis mineral esensial lain selain ketiga yang disebutkan di atas dalam telur ayam ras. Jenis mineral esensial tersebut antara lain yodium dan antioksidan. Seperti yang diketahui, yodium sangat pening bagi kestabilan hormone dan antioksidan dapat mencegah penyakit kanker.
-          Mengandung kolin
Terdapat banyak sekalimanfaat telur ayam rasbagi kesehatan. Hal ini tentu tak terlepas dari ragam kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Selain mineral esensial, telur juga mengandung kolin. Dimana kolin sangat baik dalam pencegahan penyakit kanker yang merupakan salah satu penyakit mematikan. Dalam sebutir telur, terdapat kurang lebih 125,5 mg kolin, menurut penelitian, konsumsi telur mampu mencegah terjadinya kanker payudara pada wanita. bahkan penelitian tersebut sudah dibuktikan dengan data penurunan resiko terserang penyakit kanker pada wanita hingga 24%. Jadi, mulai sekarang tak ada salahnya bagi para wanita untuk menyelipkan telur sebagai salah satu asupan makanan sehari-hari.
-          Mengandung sumber kalori yang baik
Walaupun tergolong dalam jenis lauk yang tinggi protein, namun telur tak lantas mengandung kolesterol jahat yang tinggi. Justru telur mengandung koleseterol baik yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Hal ini tentu mampu meningkatkan sumber kalori baik bagi tubuh. Dengan begitu, tak perlu cemas dengan resiko penyakit jantung karena mengkonsumsi telur justru dapat menurunkan resiko terserang penyakit jantung.
-          Sumber protein yang rendah lemak
Kandungan gizi telur ayam negeriyang selanjutnya adalah protein yang tinggi. Tapi jika dibandingkan antara putih dan kuning telur, putih telurlah yang mengandung protein lebih tinggi. Perhitungannya, dalam sebutir telur terkandung 6,5 gr protein dan 70 hingga 85 kalori. Protein yang dimiliki telur ayam ras berasal dari putih telur yang memiliki kandungan lemak rendah. Protein pada telur sangat berbeda dengan protein dhewani lainnya. protein tersebut mampu memenuhi kebutuhan tubuh akan protein harian. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri karena tak membuat kalori serta kolesterol tertimbun.
-          Lemak
Nilai gizi telur ayam negerimemang sangat berlimpah. Yang terakhir, dalam telur terkandung pula lemak. Jika dihitung, dalam 150 gram telur ayam ras memiliki 4,5 gr lemak. Nilai ini setara dengan 9 kalori. Namun ukuran lemak yang terdapat di dalam telur masih dalam Batasan normal atau wajar untuk dikonsumsi. Asalkan diolah secara sehat dan tidak sembarangan, maka telur tetaplah aman dan sehat untuk dikonsumsi.
Demikianlah penjelasan lengkap dan terperinci mengenai kandungan dan nilai gizi telur ayam negeri. Kandungan gizi dan nutrisi yang melaimpah terdapat di dalamnya. Pantas saja jika telur ayam negeri masih bertahan hingga kini menjadi lauk favorit bagi masyarakat seluruh kalangan. Terlebih telur tergolong dalam lauk yang sangat fleksibel untuk diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat. Beberapa jenis bahan makanan yang tidak tepat digunakan untuk mengkombinasi telur antara lain minyak goreng yang terlalu banyak, daging atau sumber protein lain dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Tentang Kami


Kami adalah Distributor Telur Bali

dengan skala besar,



Siap memberikan harga terjangkau

dengan kualitas yang terbaik.


Segera hubungi kami untuk pemesanan.

: [email protected]

Formulir Kontak

© Distributor.com All Rights Reserved (Grosir, Supplier Telur Ayam)